Efek Bintang Merah Berjatuhan Di Blog 02:57 | Label: Blog Untuk membuat efek berjatuhan ini kita gunakan cara yang sederhana aja. Yang pentingkan hasilnya sama ya..kan!. Biar pemula juga mudah mencoba tips ini. Bermacam widget yang bisa memperindah blog seperti widget kupu-kupu berterbangan, daun berjatuhan, salju berjatuhan, dll. Langkah-langkahnya sebagai berikut: 1. Login ke blog kamu. 2. Klik Rancangan. 3. klik "tambah gadget". 4. Pilih dan klik HTML/javascript. 5. Tulis Judulnya 6. Masukkan kode script yang di bawah ini . 7. Setelah selesai, Klik Simpan. Copas kode script dibawah ini: kebudayaan: Med-Medan

Sabtu, 03 Maret 2012

Med-Medan

bali adalah salah satu pulau yang indah di dunia. mempunyai banyak kebudayaan salah satunya yaitu mempunyai kebudayaan yang bernama Med-Medan.
Upacara Med Medan diadakan sehari setelah Hari Raya Nyepi  sore harinya yaitu pada hari Ngembak Geni  menyambut tahun baru Saka, Med Medan ini yang sudah ada selama puluhan tahun yang lalu, dan masih terus laksanakan dan dilestarikan sampai saat ini. Tempat perayaan upacara ini berlangsung didesa Sesetan yang  terletak di Banjar kala 3 km dari Ibukota Denpasar Bali.
Med Medan mengandung pengertian dalam bahasa Bali nya berasal dari kata omed-omedan yang artinya tarik tarikan, asal mula upacara cara Med Medan ini tidak diketahui dengan pasti kapan diadakannya  hanya kebiasaan,namun sudah menjadi tradisi secara turun temurun juga merupakan salah satu warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Menurut cerita pada waktu itu Med Medan berlangsung pada saat Hari Raya Nyepi, di karena seorang tokoh puri (Ida Bhatara Kompiang), sakit keras maka dihimbau seluruh penduduk desa Sesatan untuk tidak ribut rebut di depan Puri, pada saat hari Nyepi  tiba karena sedih dan kecewa akibat larangan tersebut, ada beberapa warga yang melanggar dan tetap mengadakan Med Medan  karena sudah menjadi warisan dari nenek moyang mereka, mendengar larangan di langgar toko Pura yang sakit tersebut marah dan minta diantar depan Puri, pada saat tokoh Pura diantar keluar Puri, sakit yang semula parah dirasakan nya beransur ansur berkurang dan pas tokoh Puri tersebut tepat  berada di tempat keramaian yang diadakan oleh warga, sakit nya hilang sama sekali dan badannya merasa sehat seperti sediakala. Sejak itu tradisi Med Medan kembali di teruskan dan dilaksanakan seperti semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar